Berita_20190417214502_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 5 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Pemilu 2019 yang pada hari ini serentak digelar secara serentak diseluruh pelosok Negeri, Mulai dari penjaringan atau pencoblosan hingga perhitungan suara untuk Capres/Cawapres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Kota/Kabupaten, warga masyarakat sudah melaksanakan hak memilih.

Namun disisi lain, warga masyarakat banyak yang merasa kebingungan saat memilih terlebih lagi untuk surat suara Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Pasalnya disetiap TPS banyak ditemukan surat suara yang kurang diminati oleh warga masyarakat.

Hal tersebut nampak terlihat di TPS 02, Kampung Balekambang, RT 1 Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Di TPS ini ditemukan banyak surat suara untuk DPR RI Provinsi Jawa Barat yang dianggap tidak sah alias banyak yang tidak memilih.

“Kebanyakan orang umum gak ngerti apa fungsi dan peran dari DPD itu,” kata M. Yunus, Warga Balekambang saat ditanya disela-sela perhitungan suara.

Banyak surat suara untuk DPD RI Jawa Barat tidak diminati oleh warga

Hal senada dikatakan Derra yang juga warga Balekambang, Dirinya mengaku bahwa sejauh ini menganggap DPD itu kinerja-nya sama sekali tidak jelas.

“Iya sosialisasi untuk DPD RI juga gak ada, sehingga jangan heran kalau masyarakat merasa tidak tertarik, tidak seperti Capres/Cawapres maupun Caleg DPR/DPRD.” pungkasnya.

Walhasil, Silahkan warga masyarakat menilai apakah masih diperlukan adanya lembaga DPD tersebut?

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.