Berita_20180923181249_PenaPublik.jpg
Read Time:2 Minute, 17 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Acara pembukaan Training Of Trainer (TOT) bagi saksi se-Dapil III dihadiri oleh Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa dan Ketua DPD Nasdem Kabupaten Bogor yang juga Caleg No 1 untuk DPRD Provinsi Jabar yakni Albert Pribadie yang bertempat di Hotel Pesona Anggraeni, Cisarua pada 22 dan 23 September 2018 membawa angin segar terutama bagi Caleg Nasdem yang akan bertarung pada Pileg 2019 mendatang.

Dalam sambutannya Ketua DPW Jawa Barat Partai Nasdem Saan Mustopa mengatakan bahwa Partai Nasdem sudah melakukan TOT bagi para saksi dan kader sejak dua tahun lalu, baik tingkat DPW, DPD hingga saat ini tingkat TPS.

“Ini adalah bagian dari proses pendidikan politik dan kami hanya ingin memastikan pada 2019 mendatang sudah siap mengikuti Pileg. TOT ini sangat penting dan strategis, di antaranya untuk antisipasi jangan sampai suara Nasdem hilang dan mengajak masyarakat agar datang ke TPS. Sementara target Partai Nasdem sampai Desember 2018 ini bisa merekrut semua saksi,” tuturnya.

Para Saksi TOT Partai Nasdem Dapil III

Masih kata Saan, perekrutan saksi untuk ditempatkan di 15 ribu TPS itu tidaklah mudah, harus serius di semua tingkatan. Nasdem sendiri menargetkan 10 kursi untuk DPRD Kabupaten Bogor, dua kursi DPR RI dari Kabupaten Bogor dan dua kursi untuk DPRD provinsi dari Kabupaten Bogor.

“Dan di Bulan Oktober 2018 nanti khusus pelatihan untuk para caleg, agar berkualitas dan kalau terpilih benar-benar sehat. Maka dari itu kami berharap para caleg Nasdem mulai rajin turun ke masyarakat,” pintanya sekaligus memberi motivasi para peserta TOT.

Ditempat yang sama, Sondang Tarida Tampubolon mengatakan, peserta TOT diikuti oleh semua saksi dari 7 Kecamatan dan 73 desa. Sebetulnya ini sudah berjalan sejak tiga bulan lalu, dan ini akumulasi dari perekrutan sebelumnya di Dapil III Kabupaten Bogor.

“Saya sendiri memilih tandem dengan Wahyudin alias Achil, karena ia tokoh muda yang punya banyak jaringan banyak. Dengan duet dengan Acil langkah menjadi lebih ringan. Anggota keluarga Acil saja capai 1.000 orang,” tandasnya.

Hal senada dikatakan, Wahyudin atau biasa disapa Achil, Ia menambahkan bahwa pelatihan saksi ini sangat penting dan strategis dalam perekrutan pun tidak asal-asalan.

“Dari 2.200 TPS se-Dapil III, saya menargetkan saksi Nasdem terisi di 1.700 TPS. Para saksi ini sekaligus jadi agen pendulang suara. Setelah TOT mereka akan terjun ke masyarakat untuk sosialisasi,” terangnya.

Namun pihaknya mengakui masih menemui kendala dilapangan terutama soal ketokohan di Dapil III ini. Maka hal itu harus disiasati dengan membangun sistem networking (jaringan) dalam memperkuat perekrutan suara.

“Suara di Dapil III pada Pileg 2014 lalu sekitar 10 ribuan dan pada Pileg 2019 mendatang kami mentargetkan suara 55 ribu. Satu hal penting yang juga akan kami lakukan adalah peningkatan inovasi, mengubah mindset masyarakat agar tidak pragmatis, dan mencari pemilih yang cerdas.” pungkasnya.

Reporter : Taufik Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *