IMG-20180811-WA0000
Read Time:1 Minute, 15 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Barokah merupakan satu badan usaha, salah satunya menaungi PT. Tirta Alam bergerak dalam bidang Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang notabene milik Pemerintah Desa Tugu Utara, yang didirikan pada tahun 2012 lalu.

“Sebenarnya ada beberapa titik dalam BUMDes seperti bidang pertanian, perkebunan, penyertaan modal atau pinjaman, PAMDesa,dan Air Minum Dalam Kemasan yang baru berdiri tahun 2017 kemarin. Adapun sumber air nya dari Situ Beunteur, Rawa Gede, Talaga Saat dan Citamiang,” papar Asep Ma’mun Nawawi, Kepala Desa Tugu Utara saat dijumpai beberapa waktu lalu.

Masih kata Asep, Ia menambahkan Untuk AMDK yang dikelola oleh BUMDes Barokah tersebut dalam proses perjalanannya cukup berkembang secara signifikan. Pihaknya pun dalam usaha tersebut berorientasi pendekatan benefit untuk warga masyarakat dan peningkatan profit untuk para pengusaha Hotel, Resort maupun pemilik vila.

“Alhamdulillah sejauh ini BUMDes di kita sudah punya kemitraan dengan beberapa pengelola Hotel,Resort dan Villa-villa yang ada di sekitar Tugu Utara kita suplay termasuk 5 RW yang sudah tercover dengan air kemasan ini, rencananya tahun depan mau dibikin dalam kemasan botol dan cup,” jelasnya.

Sementara itu Sudarman, salah satu pekerja Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) mengatakan setiap hari produksi rata-rata 40 sampai 50 galon air yang dikerjakan pengolaannya sebanyak 5 orang.

“Seperti hari ini saja ngirim sebanyak 48 galon air, biasanya malam ngisi dulu untuk stok besok, karena kapasitas
tabung RO hanya 22 galon jadi kita isi dulu. Kalau beli airnya saja 7 ribu sementara berikut galonnya itu 37 ribu.” pungkasnya.

(TH/Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *