Jawara Pencak Silat se-Bogor Raya Rapatkan Barisan
Read Time:1 Minute, 27 Second

Cisarua, PenaPublik.com – Bertempat di Grand Pesona Ksatria, Gang Levin, Kelurahan Cisarua, Perguruan Pencak Silat Sekar Balebat menggelar acara yang bertajuk Silaturahmi sekaligus Halal Bil Halal, dihadiri para kasepuhan dan pendiri perguruan Pencak Silat se-Bogor Raya, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Ketua PPSAC beserta penggiat seni dan tradisi Pencak Silat yang ada di Kabupaten Bogor khususnya di Kecamatan Cisarua.

Menurut Nani Halimah, Ketua Perguruan Pencak Silat Sekar Balebat Cisarua mengatakan kegiatan ini sebagai sarana silaturahmi sekaligus halal bil halal dengan beberapa Perguruan Seni dan Tradisi Pencak Silat se-Bogor Raya.

“Ya ini kami anggap sebagai reuni alumni dan silaturahmi semua Perguruan Seni Tradisi Pencak Silat se-Bogor Raya atau di Kabupaten Bogor, adapun berdirinya perguruan ini sekitar tahun 1968 silam saat masih usia remaja dan yang mendirikan tak lain orangtua saya sendiri yakni Datuk Muhammad Mungkin,” kata Bunda sebutan akrabnya, saat ditemui seusai acara pada Sabtu (4/08).

Masih menurut Bunda Nani, Ia menambahkan bahwa semua perguruan yang hadir tadi memang sengaja di undang. Bahkan ada seorang warga Negara Belanda yang sengaja di undang dengan penampilannya sangat memukau diatas panggung memperagakan seni dan tradisi Pencak Silat.

“Semoga generasi mendatang lebih dapat menjaga salah satu aset Bangsa Indonesia yang sudah mendunia ini harus senantiasa di lestarikan sebagai budaya kearifan lokal,” pintanya.

Sementara itu Fadli Zon, Dewan Pembina Sekar Balebat mengaku bangga dan mengapresiasi bahwa Perguruan Pencak Silat terutama yang berpusat pada aliran Cimande dan aliran lainnya yang berkembang ini bisa tampil di pentas Dunia, tak hanya di Indonesia.

“Ini sebagai bukti bahwa warisan leluhur Bangsa Indonesia bisa diakui Bangsa dan Negara-Negara di Benua Eropa dalam arti kata sudah mendunia, karena berbagai gerakan atau jurus Pencak Silat itu terkandung makna yang mendasar sebagai Karakter Building.” pungkasnya.

(TH/Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *