Berita_20180816111833_PenaPublik.jpg
Read Time:57 Second

Tamansari, PenaPublik.com – Setelah lebih dari 2 pekan tidak turun hujan, ketersediaan air diwilayah Rukun Warga 06, Desa Tamansari Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor sempat mengalami kelangkaan lantaran sumber mata air yang menjadi andalan warga di wilayah ini surut.

Terletak di hulu aliran Sungai Ciapus sekitar 2 KM dari lumbung penampungan, keberadaannya membuat pengurus memerlukan waktu dan tenaga ekstra untuk mencari solusi agar air kembali normal sediakala, salah satunya ketika hendak memasang dan memperbaiki pipa saluran air yang bermasalah.

Meskipun pengelola adalah pengurus RT, wargapun tak segan untuk ikut serta membantu karena memperbaiki saluran air bukanlah pekerjaan yang mudah dan dapat dilakukan sendiri.

“Sekalipun sudah ada pengurusnya, tapi sebagai warga juga banyak yang tidak segan untuk membantu, soalnya ini kan tidak gampang (memperbaiki saluran Air, red) dan manfaatnya untuk warga juga,” tutur Usman, salah satu warga setempat.

Hal senada juga dikatakan Mulyana, Ketua RW setempat, dirinya mengakui inilah saatnya waktu yang tepat untuk saling bahu-membahu.

“Nah ini justru waktu yang tepat buat yang namanya bergotong royong.” ujar Mulyana, pada Rabu (15/08).

Saat ini kondisi ketersediaan air berangsur-angsur membaik setelah saluran di pindahkan ke sumber mata air yang berbeda.

(ND/TH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *