Berita_20180907054051_PenaPublik.jpg
Read Time:1 Minute, 22 Second

Cisarua, Pena Publik.com – Puluhan warga dari dua Desa yang ada di Kecamatan Cisarua meliputi Desa Kopo dan Batulayang, menghadiri kegiatan pelatihan awal Sistem Informasi Desa (SID) yang merupakan program dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Kantor Desa Batulayang dengan menghadirkan nara sumber dari DPMD, Kasi Pemerintahan Kecamatan Cisarua beserta jajarannya dan puluhan warga, Kamis (6/09).

Menurut Reza S. Shahab, Nara Sumber dari DPMD mengatakan bahwa kegiatan tadi itu terkait pendataan secara keseluruhan yang dilakukan oleh, dari dan untuk Desa.

“Pelatihan singkat tentang pendataan Desa yang merupakan rencana program dari DPMD, target dan tujuannya itu sendiri idealnya nanti data ini akan dilakukan pemetaan rencana kerja Desa berbasis aplikasi,” terangnya.

Puluhan Warga diberikan Arahan

Masih kata Reza, Ia menambahkan kegiatan sosialisasi pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) pada hari ini meliputi dua Desa antara lain Batulayang sebagai tuan rumah dengan Desa Kopo yang sebelumnya sudah dilakukan di Desa-Desa lainnya yang ada di Kecamatan Cisarua.

“Dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Cisarua tinggal Desa Tugu Selatan yang belum melakukan kegiatan pelatihan ini. Adapun sumber anggaran dari APBDes sesuai dengan kebutuhan Desa nya tersebut,” tuturnya.

Sementara itu di tempat yang sama Ahmad Mudrikah, Sekdes Batulayang yang ditemui seusai kegiatan sosialisasi berkeinginan dengan program SID itu agar keakuratan data penduduk akan sesuai dengan yang diinginkan.

“Dari hasil tadi kita menginginkan data yang akurat dan valid dari penduduk setempat bahkan mungkin warga pendatangpun akan kita lakukan pendataan seoptimal mungkin. Jadi sekarang ini baru memberikan tahapan berupa bimbingan teknis kepada petugas pencatat data, sehingga apa yang diharapkan nanti akan sesuai dengan keinginan kita semua.” pungkasnya.

(TH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *